PROPOSAL USAHA
TAHU KEJU
(Materi Produk Kreatif & Kewirausahaan Kelas XI BDP 1)
Disusun Oleh :
SITI NURSIARAH
(29)
PEMERINTAH PROVINSI JAWA
TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 KENDAL
Jl.Soekarno - Hatta
Barat Km.03 Kendal
(51351) Telp./Fax. (0294)381137
LEMBAR
PENGESAHAN
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Kendal
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring & Pemasaran
Nama Siswa : Siti Nursiarah
Proposal Usaha : Tahu keju
Tanggal Pengesahan :
Pembimbing
IRWAN YUDIANTO
|
Kendal, April 2019
Siswa
SITI NURSIARAH
|
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas petunjuk, rahmat,
dan hidayah-Nya,saya dapatmenyelesaikan Proposal tanpa ada halangan apapun.
Proposal inidisusun berdasarkan kegiatan wajib jual yang saya lakukan
selama kelas XI. Proposal yang telah saya susun ini dibuat
dalam rangka memenuhikegiatan pembelajaran produk kreatif kewirausahaan SMK Negeri 1 Kendal. Keberhasilan dalam
penyusunan proposal ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu tak
lupa saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu dan memotivasi dalam pembuatan proposal ini.
Saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari
kesempurnaa, oleh karena itu saran yang membangun dan membantu sangat saya harapkan agar proposal ini dapat lebih
sempurna.
Akhir kata, saya berharap semoga
proposal ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya sendiri
dan pada umumnya bagi para pembaca.
Penulis
Siti Nursiarah
DAFTAR ISI
JUDUL
.................................................................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN .................................................................................................. ii
KATA PENGANTAR
.......................................................................................................... iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
........................................................................................................ 1
1.2
Rumusan
Usaha
...................................................................................................... 1
1.3
Visi
Usaha
............................................................................................................... 1
1.4
Misi
Usaha .............................................................................................................. 2
BAB II DESKRIPSI USAHA
2.1
Produk
yang dipasarkan
.......................................................................................... 3
2.2
Analisa
Peluang Usaha ............................................................................................ 16
2.3
Marketing Mix
........................................................................................................ 16
2.4
Perhitungan
Modal dan Harga Jual
........................................................................ 17
2.5
Perhitungan
Laba Rugi
........................................................................................... 17
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan ………………………………………………………………………….16
DAFTAR PUSTAKA
……………………………………………………………………….19
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan kemajuan-kemajuan hampir di seluruh
aspek kehidupan manusia. Di era modern ini berbagai alat canggih
dan mutakhir semakin mengiringi kehidupan manusia sehari-hari. Imbasnya hal-hal
tradisionalpun perlahan semakin ditinggalkan dalam rangka penyesuaian hidup
sebagai manusia modern.
Salah
satu contoh yang mulai ditinggalkan adalah makanan-makanan tradisional yang
proses dan penyajiannya memakan waktu cukup lama bila dibandingkan dengan
berbagai makanan cepat saji (fast food)
yang saat ini terdapat dimana-mana. Tahu Bulat merupakan salah satu jajanan
terbaru khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang nikmat. Tahu Bulat ini
disajikan dalam berbagai varian isi yakni
keju mozarella, sosis, kornet,
bakso, gurita, cumi, smoke beef & mayonise, jamur, daging ayam yang
cukup mengganjal rasa lapar pada perut. Tahu Bulat ini dapat
disajikan dengan kurun waktu 15 menit sehingga tak memakan waktu lama untuk
segera melahapnya.Penyajiaannya yang cepat, rasa yang enak, nikmat dan tetap
sehat membuka peluang usaha yang cukup menjanjikan. Usaha Tahu Bulat Isi dapat
dijalankan secara sederhana serta sasaran konsumennyapun luas. Dengan
berlandaskan alasan-alasan tersebut saya berniat membuka usaha Tahu Bulat Isi
aneka rasa.
1.2 Rumusan Usaha
a.
Bagaimana Produk yang
dipasarkan?
b.
Bagaimana Analisa Usaha?
c.
Bagaimana Marketing Mix?
d.
Bagaimana Perhitungan Modal dan Harga Jual?
e.
Bagaimana Perhitungan Laba Rugi?
f.
Bagaimana Analisa Keuntungan?
1.3 Visi Usaha
Visi usaha ini adalah menjadikan masyarakat
luas mengetahui jajanan kuliner trkhas Indonesia dengan mengadakan pendekatan
kepada masyarakat bahwa Tahu Bulat Isi adalah cemilan yang sehat, enak, dan
mengenyangkan serta dapat diolah dengan berbagai rasa.
1.4 Misi Usaha
a.Mengadopsi resep tradisional bernuansa
modern.
b. Menjadikan Tahu Bulat Isi ini menjadi
cemilan makanan yang berkelas.
c. Membuat
kesan rasa yang tidak monoton dengan aneka rasa Tahu Bulat Isi.
BAB II
DESKRIPSI
USAHA
2.1 Produk yang dipasarkan
Tahu bulat adalah
salah satu jajanan terbaru khas Indonesia yang memiliki citra rasa yang nikmat.
Tahu bulat ini disajikan dalam berbagai varian isi yakni kjeu yang dapat
mengginjal rasa lapar pada perut. Usaha tahu bulat ini dapat dijalankan secara
sederhana serta sasaran konsumen yang luas. Dengan berlandaskan alasan-alasan
tersebut saya berniat membuka usaha tahu bulat isi keju.
2.1.1
Bahan
prototype
No.
|
Nama bahan
|
Fungsi
|
Spesifikasi
|
Jumlah yang dipergunakan
|
Harga
|
1.
|
Tahu putih
|
1.
Kandungan dari tahu putih :
Kalori
Protein dan asam amino
Karbohidrat
Mineral
Vitamin B
Vitamin B12
Vitamin E
2.
Manfaatdan fungsi :
o Kalori
mengandung kalori sebagai sumber tenaga untuk tubuh.
o Asam amino sebagai Mencegah
kerontokan
o Asam amino sebagai Meningkatkan
masa otot
o Asam amino sebagai Menjaga Keseimbangan Hormon dan Enzim
o Asam amino sebagai
Meningkatkan Stamina dan Daya Ingat
o Karbohidrat sebagai
Sumber energy
o Karbohidrat sebagai
resiko penyakit
o Mineral dibutuhkan tubuh untuk
mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh..
o Vitamin
B membantu mencegah penyakit beri-beri,
o Vitamin
B menjaga kesehatan jantung dan sistem syaraf, meningkatkan nafsu makan,
o Vitamin
B menghasilkan senyawa asam,
o Vitamin
B menjaga kesehatan kulit dan
o
Vitamin B mencegah anemia.
o
Vitamin E untuk menjaga kesehatan
kulit serta mengontrol kadar asam lemak dalam tubuh.
·
Mengurangi kolestrol
·
Anti kanker
·
Mencegah anemia
3.
Tahu putih sebagai bahan utama pembuatan produk tahu keju
|
Buah
|
15
|
Rp. 500
|
2.
|
Keju chedar
|
1.
Kandungan dari keju chedar :
·
terdapat kalsium dan fosfor
·
terdapat protein
·
terdapat vitamin A
·
B12
·
Magnesium dan zinc
2.
Manfaat dan fungsi :
·
Fosfor berguna untuk membentuk
sel sel dalam tubuh termasuk tulang dan gigi
·
Kalsium berguna untuk mencegah
osteoporosis,membentuk tulang dan gigi
·
Protein sebagai pertumbuhan dan perbaikan
·
Protein sebagai anti biotik
·
Protein sebagaisumber energy
·
Protein sebagai membantu metabolisme tubuh
·
Protein sebagai memfasilitasi reaksi kimia
·
Vitamin A sebagai kesehatan mata
·
Vitamin A sebagai antioksidan
·
Vitamin A sebagai system imun
·
Vitamin A sebagai menjaga kesehatan jantung
·
Vitamin A membantu menjaga
kesehatan jaringan di dalam tubuh kita
·
Vitamin A juga sangat diperlukan
untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin, dan menentukan gen pada
proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio
·
Vitamin
B12 Menghasilkan sel darah merah.
·
Vitamin
B12 Menjaga kesehatan sistem saraf, kulit dan mata.
·
Vitamin
B12 Melepaskan energi dari makanan yang dikonsumsi.
·
Vitamin
B12 Membantu proses aktivasi asam folat.
·
Vitamin
B12 Membantu dalam proses sintesis DNA.
·
Magnesium
berfungsi Membantu proses metabolism tubuh.
·
Magnesium
berfungsi Membawa rangsangan dalam sel-sel syaraf.
·
Magnesium
berfungsi Mengatur fungsi organ tubuh vital seperti detak jantung, relaksasi
otot, dan mencegah pembekuan darah.
·
Zinc berfungsi Membantu proses pembekuan
sel.
·
Zinc
berfungsi Membantu otak mengantarkan informasi genetic( pembawa sifat
keturunan) kedalam sel .
·
Zinc
berfungsi Bekerja bersama vitamin C dlam meningkatkan daya tahan tubuh
terhadap serangan penyakit.
·
Zinc
berfungsi Membantu membersihkan beberapa logam berat dalm tubuh seperti
cadmium dan timbal yang sering di buang dari asap kendaraan bermotor.
3.
Keju chedar sebagai toping / isi dalam tahu bulat
|
gram
|
100
|
Rp. 10.200
|
3.
|
Telur
|
1.
Kandungan dalam telur :
·
Mengandung protein tinggi
·
Mengandung rendah kalori
2.
Manfaat dan fungsi :
·
Fosfor berguna untuk membentuk sel
sel dalam tubuh termasuk tulang dan gigi
Zinc
berfungsi Membantu otak mengantarkan informasi genetic( pembawa sifat
keturunan) kedalam sel .
3.
Sebagai perekat antara tahu dan tepung roti dan untuk tambahan bagi
adonan tahu
|
Butir
|
4
|
Rp. 7000
|
5.
|
Minyak goreng
|
sebagai
bahan ketika Anda akan memasak sesuatu yang digoreng.
|
liter
|
1
|
Rp. 3500
|
6.
|
Garam
|
Sebagai penyedap rasa
|
sdt
|
2
|
Rp. 500
|
7.
|
Baking powder
|
Sebagai pengembang tahu
|
gram
|
1 sdt
|
Rp. 2000
|
8.
|
Kaldu
|
Sebagai penyedap rasa
|
Bungkus
|
1
|
Rp. 1500
|
|
|
|
|
|
|
2.1.2 Alat pembuatan prototype
|
Nama
bahan
|
Fungsi
|
Spesifikasi
|
Jumlah yang
dipergunakan
|
|
1.
|
Baskom
|
Sebagai
tempat adonan untuk tahu
|
buah
|
1
|
|
2.
|
Talenan
|
Sebagai
alas untuk memotong keju
|
buah
|
1
|
|
3.
|
Pisau
|
Untuk
memotong keju
|
buah
|
1
|
|
4.
|
Wajan
|
Untuk
menggoreng
|
buah
|
1
|
|
5.
|
Susrok
|
|
buah
|
1
|
|
6.
|
Sepatula
|
|
buah
|
1
|
|
7.
|
Sendok
|
Sebagai
alat pembantu untuk mengaduk adonan
|
buah
|
1
|
|
8.
|
Kompor
gas
|
Untuk
memasak
|
buah
|
1
|
|
9.
|
Piring
|
Untuk
meletakan adonan tahu yang akan di goring
|
Buah
|
1
|
|

2.1.3
Cara
membuat tahu keju
Bahan-bahan:
- 15 tahu putih ukuran sedang
- 3 kuning telur
- 1 sdt munjung baking powder
- 1 bungkus penyedap rasa
- 1liter Minyak untuk menggoreng
- Keju (bisa pakai cheddar, lebih enak pakai
keju mozzarella), potong dadu kecil.
cara memasak tahu bulat :
1. Siapkan 15 buah tahu putih ukuran
sedang. Cuci tahu putih hingga bersih.
2. Hancurkan tahu dengan cara bungkus
kedalam kain.
3. Tambahkan 3 buah kuning telur, 1 sdt munjung
baking powder, 1 bungkus penyedaprasa campur semua bahan lalu aduk adonan tahu
hingga merata.
4. Bulatkan adonan tahu kecil-kecil
menggunakan. Untuk tahu bulat yang akan diberi isi, beri isian ke tengah adonan
tahu lalu dibulatkan kembali menggunakan tangan adonan tahu menjadi bulat &
mulus (tidak ada retakan). Simpan bulatan adonan tahu ke dalam wadah tertutup,
masukkan kedalam kulkas (kulkas biasa, jangan simpan di freezer), diamkan
selama 3-4 jam. Sebelum digoreng, diamkan terlebih dahulu selama 10 menit di
suhu ruangan.
5. Tuang minyak yang banyak kedalam wajan, lalu panaskan minyak
dengan api besar hingga benar-benar panas. Ketika minyak sudah panas, kecilkan
api. Masukkan adonan tahu bulat, masak sambil terus di aduk-aduk secara
perlahan dengan sodet agar tahu mengembang dengan bagus. Proses mengaduk-ngaduk
ini penting agar tahu menjadi bulat sempurna & matangnya pun merata. Masak
selama 10-15 menit hingga tahu bulat berwarna kuning kecokelatan. Angkat,
tiriskan.
2.2 Analisa Peluang Usaha
Agar usaha yang
dijalankan berjalan lancardan
mendapat hasilyangmaksimal, maka
usaha yang dijalankan perlu di analisis. Analisis ini disebutanalisis SWOT,
dengan rincian sebagai berikut :
a. Strength (Kekuatan)
Yang menjadi kekuatan
usaha yang dijalankan agar dapat berkembang antaralain :
- Memiliki
SDM dengan etos kerja yang baik
- Produk
higenis dan harga ekonomis
- Inovasi
rasa yang berbeda dan beraneka ragam
b. Weakness (Kelemahan)
Hal yang dapat mengganggu usaha
yang dijalankan antara lain :
- Harga
bahan baku yang tidak stabil dan mahalnya keju mozeralla
c. Opportunities (Peluang)
Peluang dalam menjalankan usaha di pasaran antara lain
:
- Mitra kerja yang banyak
- Budaya
masyarakat yang konsumtif
d. Trheats (Ancaman)
Ancaman yg dihadapi antara lain :
- Kompetitor
yang bergerak di bidang usaha yang sama
2.3 Marketing Mix
Marketing
mix adalah perpaduan atau kombinasi dari 4P, yakni :
a. Product (produk)
Produk yang dijual yaitu tshu bulat isi keju yang merupakan jajanan yang
digemari masyarakat dan untuk semua kalangan masyarakat yang memiliki rasa dan
bahan yang higenis.
b. Price (harga)
Untuk harga kami
menjualnya Rp. 2000/kemasan
c. Promosion (pemasaran)
Bisnis makanan
adalah bisnis kepercayaan dan rasa. Di awal usaha, saya membuat promosi dengan
menawarkan harga miring atau discount untuk setiap pemesanan, dan memberikan
sampel dari makanan tersebut.
d. Place (tempat)
Tempat untuk
memasarkan nya yaitu di area sekolahan dan bisa juga pemasanan melewati media
sosial
2.4 Perhitungan Modal dan Harga Jual
a. Analisa biaya
1. HPP = biaya variable + biaya tetap
= Rp. 33.700
2. HJJ = hpp +
margin
= Rp.
33.700 + Rp.500
= Rp.
34.200
3. HJJ/ kemasan = Rp. 34.200/ 20
= Rp. 2000
2.5 Perhitungan Laba Rugi
Disini saya mengalami kerugian karena produk saya
tidak bisa di terima oleh semua kalangan dan saya mengalami hambatan kepada
keju mozzarella nya yang begitu mahal. Dan saya tidak mengalami penjualan sama
sekali.
2.5.1
Buku besar
Tanggal
|
Akun
|
Debet
|
Kredit
|
Saldo
|
11-01-2019
|
Terima modal
|
-
|
-
|
Rp. 33.700
|
14-01-2019
|
Tahu putih
|
-
|
Rp.5.000
|
Rp.28.700
|
|
Telur
|
-
|
Rp.7.000
|
Rp.21.000
|
|
Penyedap rasa
|
-
|
Rp.1.500
|
Rp.20.200
|
|
Tepung terigu
|
-
|
Rp.4.000
|
Rp.16.200
|
|
Minyak goring
|
-
|
Rp.3.500
|
Rp.12. 700
|
|
Baking powder
|
-
|
Rp.2.000
|
Rp.10.700
|
|
Garam
|
-
|
Rp.500
|
Rp.10.200
|
|
Keju
|
-
|
Rp.10.200
|
Rp.0
|
2.6 Analisa keuntungan
Laba/rugi = saldo akhir – saldo awal
= 40.00– 33.700
= 6.300
jadi dalam sekali pembuatan kita mendapatkan keuntungan 6.300 . coba bayangkan jika kita mendapat pesanan full dalam 30 hari :)
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Membuka
usaha kuliner merupakan bisnis yang menjanjikan, terlebih lagi produk yang
disajikan memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri yang dapat menarik
konsumen. Bisnis tahu bulat isi ini menyajikan citra rasa yang beraneka ragam
dengan khas tradisional Indonesia. Usaha ini jika di tekuni akan berpeluang
menghasilkan omset yang besar. Tetapi kendala
saya tidak bisa meneruskan usaha ini karena keterbatasan waktu dan
kurangnya percaya diri terhadap saya.dan itu mengakibatkan rugi terhadap produk
saya.
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan
Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar